5/24/2008

Kerajaan Tarumanegara

Setelah pada postingan lalu saya membahas mengenai kerajaan Kutai, maka pada posting kali ini asaya akam membahas mengenai kerajaan Tarumanegara. Sumber sumber mengenai kerajaan ini kurang lengkap, sehingga para sejarahwan kurang begitu benyak memiliki sumber. Ok….kita langsung pada pokok bahasannya………

Berdasarkan penemuan beberapa prasati tenteng kerajaan Tarumanegara, letak kerajaan itu adalah di wilayah Jawa Barat, dengan pusat kerjaan terletak di sekitar daerah Bogor sekarang.
Selain itu ada beberapa sumber lain mengenai kerajaan ini, yaitu dari berita Cina, dari zaman Dinasti Tang menyebutkan bahwa seorang pendeta yang bernama Fa-Hien terdampar di Pantai Pulau Jawa(414 M) ketika ia hendak kembali dari India ke negrinya di Cina. Selain dari berita Cina ada pula sumber

dari Prasasti. Prasati adalah peninggalan bertulis yang biasanya berisi berita mengenai kehidupan masyrakat pada suatu tempat pada masa lampau. Prasasti biasanya terbuat dari batu tertulis.
Prasasti prasasti yang menerangkan keberadaan kerajaan Tarumanegara antara lain


  • Prasasti Ciaruteun(Ciampea-Bogor)
  • Prasasti Kebon Kopi(Bogor)
  • Prasasti Jambu(Bogor)
  • Prasasti Muara Cianten(Bogor)
  • Prasasti Tugu(Jakarta Utara)
  • Prasasti Pasir Awi(Leuwiliang)
  • Prasasti Munjul(Banten)


Beradasarkan dari tulisan pada prasasti prasasti tersebut dapat diketahui bahwa raja yang pernah memerintah di kerajaan Tarumanegara hanyalah Raja Purnawarman.
Kehidupan sosial kerajaan Tarumanegara sudah teratur rapi, hal ini dapat diketahui melalui penafsiran dari prasasti Ciaruteun yang menyebutkan bahwa telapak kaki Raja Purnawarman disamakan dengan telapak kaki dewa.
Pada prasasti Tugu menyebutkan bahwa Raja Purnawarman memerintahkan rakyatnya untuk membuat sebuah terusan. Pembangunan terusan ini mempunyai arti ekonomi yang besar bagi masyrakat karena dapat dipergunakan sebagai sarana untuk mencegah banjir dan sarana saran lalu lintas pelayaran perdagangan antar daerah.

Itu tadi beberapa uraian saya mengenai Kerajaan Tarumanegara, jika mungkin ada kesalah mohon di benarkan.(maklum masih newbie).........
Untuk yang berikutnya akan saya bahas mengenai kerajaan Sriwijaya, salah satu kerajaan terbesar di Asia Tenggara p-ada Jamannya, yang mampu membawa kemegahan Indonesia di masa lampau.........................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

0 comments: