3/05/2008

Perkembangan Tradisi Hindhu-Budha di Indonesia

Sekarang kita akan membahas mengenai tradisi Hindhu-Budha di Indonesia yang berkembang cukup pesat. Tradisi Hindhu-Budha di kepulauan Indonesia berkembang cukup pesat di wilayah kepulauan Indonesia dan berpengaruh pada segala sektor, di antaranya sebagai berikut:
A. Kepercayaan
Masuk dan berkembangnya agama Hidhu-Budha di Indonesia menjadi babak baru dalam kehidupan kepercayaan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia mulai menganut agama-agama tersebut walaupun tidak meninggalkan kepercayaan aslinya seperti pemujaan terhadap roh nenek moyang.

B. Pemerintahan
Masuk dan berkembangnya agama Hindhu-Budha di Indonesia sangat besar pengaruhnya dalam bidang pemerintahan. Bangsa Indonesia mulai mengenal sistem pemerintahan kerajaan yang di perintah oleh seorang raja secara turun-temurun, serta meninggalkan sistem pemerintahan kepala suku.

C. Sosial
Dalam bidang sosial terjadi perubahan-perubahan dalam tata kehidupan sosial masyarakat. Perubahan itu terjadi sebagai akibat diperkenalkannya sistem kasta dalam masyarakat.

D. Ekonomi
Dalam bidang ekonomi, tidak begitu besar pengaruhnya pada masyarakat Indonesia. Hal ini desebabkan karena masyarakat pelayaran dan perdagangan jauh sebelum masuknya pengaruh Hindhu-Budha di Indonesia.

E. Kebudayaan
Berkembangnya kebudayaan Hindhu-Budha sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Pengaruh kebudayaan itu terlihat dari hasi-hasil kebudayaan seperti bangunan candi, seni sastra, cerita-cerita eposm (epos mahabharata dan Ramayana).

Itu tadi beberap penjelasan singkat mengenai perkembangan tradisi Hindhu-Budha di Indonesia yang telah menjadikan kebudayaan baru bagi Indonesia. Semoga bahasan ini bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

Salam:Agung



0 comments: