3/04/2008

Interakasi Masyarakat di Berbagai Daerah dengan Tradisi Hindhu-Budha

Berikut adalah bahasan untuk posting hari ini, yang membahas AKulturasi budaya di Indonesia. SEMOGA BERMANFAAT...........


Hubungan dagang antara Indonesia dan India lebih dulu berkembang dari pada hubungan dagang antara Indonesia dan Cina. Hal itu di karenakan oleh hal2 sebagai berikut:
-Diketahuinya angin musim yang baik untuk menybrangi samudra hindia ke timur(Indonesia) dan sebaliknya.
-Sejak jaman purba Indonesia sudah dikenal akan hasil bumi dan tambangnya.
Hubungan dagang antara Indonesia dan India mengakibatkan masuknya pengaruh budaya India ke Indonesia, baik pengaruh Hindhu maupun Budha......


Berikut fakta tentang proses interaksi masyrakat di berbagai daerah denag tradisi Hindhu-Budha:
Kebudayaan Hindu-Budha yang masuk ke Indonesia tidak diterima begitu saja, hal ini disebabkan:
A. Masyarakat Indonesia telah memiliki dasar2 kebudayaan yang tinggi, sehingga kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia hanya menambah khasanah kebudayaan Indonesia.
B. Bangsa Indonesia memiliki lokal genius yaitu kecakapan untuk menerima unsur unsur budaya asing dan mengolahnya serta di sesuaikan dengan kepribadian bangsa.

Unsur Unsur budaya asing mudah diterima karena :

a. Mengandung manfaat bagi masyarakat penerima.
b. Mudah menyesuaikan diri dengan unsur unsur budaya yang di dukung masyarakat penerima.
c. Tidak menimbulkan kegoncangan pada msyarakat penerima.

Munculnya pengaruh hindhu-budha di Indonesia dapat terlihat melalui beberapa hal berikut:

A. Seni Bangunan
seni bangunan yang menjadi bukti berkembangnya pengaruh Hindhu-Budha di Indonesia yaitu bangunan candi. Candi tersebut merupakan perwujudan akulturasi budaya bangsa Indonesia dengan bangsa Indonesia.

B. Seni Rupa/Seni Lukis
Dalam hal ini telah terbukti dengan di ketemukannya patung Budha berlanggam Gandara di kota Bag\ngun, Kutai, Dan patung Budha berlanggam amarawati ditemukan di Sikending(Sulawesi Selatan).

C. Seni Sastra
Seni sastra Indonesia turut memberi corak dalam seni sastra Indonesia

D. Kalender
Sitem kalender/penanggalan India di Indonesia merupakan wujud akulturasi, yaitu terlihat dengan adanya penggunaan tahun saka di Indonesia. Di samping itu juga ditemi\ukan candra sangkala atau kronogram dalam usaha memperingati peristiwa dengan tahun/kalender saka. Candra Sangkala adalah angka huruf berupa susunan kalimat atau gambaran kata.

E. Kepercayaan Filsafat
Masuknya pengaruh Hidhu-Budha ke Indonesia mengakibatkan terjadinya akulturasi, terutama terlihat dari segi pemujaan terhadap roh nenek moyang dan pemujaan dewa dewa alam.

F. Pemerintahan
Setelah masuknya pengaruh Hindhu-Budha tata pemerintahan disesuaikan dengan sistem kepal pemerintahan yang berkembang di India.

Itu tadi bahasan untuk hari ini
SEKIAN
by:Agung

0 comments: