3/03/2008

Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia

Proses masuk agama Hindu di Indonesia sampai sekarang masih belum jelas, sehingga menimbulkan bermacam teori tentang masuknya agama Hindu ke Indonesia. Banyak sejarawan yang mencoba mereka-reka bagaimana proses masuknya agam hindu ke Indonesia. Tapi dari berbagai teori masuknya agam hindu ke Indonesia ada beberapa teori yang menjadi acuan sejarah sampai sekarang......


Diantara teori-teori tersebut berikut teori yang paing relevan di banding yang lainnya......:
1.Teori Sudra
Teori ini menyatakan bahwa Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kasta sudra. alasannya mereka yang datang ke Indonesia bertujuan untuk mengubah kehidupan karena di India mereka hanya hidup sebagai budak.
2.Teori Waisya
Teori ini menyatakan bahwa kaum pedagang dari India, disamping berdagang, tentu membawa adat kebiasaan, seperti melakukan upacara adat keAgamaan.
3.Teori Kesatria
Teori ini berpendapat adanya raja2 dari India yang datang menaklukan daerah-daerah tertentu di Indonesia dan menghindukan penduduknya.
4.Teori Brahmana
Teori ini menyatakan bahwa kaum brahmanalah yang menyebarkan agama hindu di Nusantara, karena kaum brahmnanalah yang menguasai soal agama.
5.Teori Gabungan
Keempat kasta di atas, yaitu brahman,kesatria,waisya,dan sudra yang merupakan kesatuan dalam masyarakat menimbulkan teori memberi tempat bersama kepada empat golongan tadi dalam proses penyebaran agama Hindu dengan peranannya dalam masyarakat.


Sedangkan untuk agama Budha masih belum jelas, tapi menurut para ahli agama budha masuk ke Indonesia lebih awal dari pada agam Hindu yang di sebarkan oleh para biksu dari India. Hal ini karena agama Budha merupakan agama yang bersifat terbuka dan bebas di anut siapa saja.

Sekian dulu bahasan hari ini, semoga bermanfaat selalu

salam:Agung

0 comments: